PENGABDIAN PADA MASYARAKAT SEMESTER GENAP 2022/2023

 
















BERITA 

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SEMESTER GENAP 2022/2023

"PENGUATAN DAN PEMBERDAYAAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN,   USAHA KECIL, DAN RUMAH TANGGA"


Pengabdian Kepada Masyarakat (PENGMAS) oleh Dosen merupakan suatu bagian dari tugas dosen yang dimaksudkan sebagai media penguatan dan pemberdayaan masyarakat sehingga mereka dapat memperbaiki kualitas hidup serta taraf perekonomiannya. 


Dalam rangka mencapai hal tersebut, maka beberapa pengajar yang berasal dari dua perguruan tinggi di Kota Ambon yaitu, Bapak Dr. Abdul Muher, M.Ag. (IAIN Ambon), Ibu Sitnah Aisyah.M., ST., MT. (Unidar Ambon), dan Ibu Fitriah B. Latuconsina, SE, M.Ak. (Unidar Ambon), melaksanakan kegiatan dengan melibatkan peserta yang merupakan para pengurus ta'mir masjid, pengelola usaha rumahan, serta ibu-ibu rumah tangga.


 Sebagai salah satu dari impimplementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kegiatan ini juga melibatkan para mahasiswa Fakultas Teknik Unidar Ambon, Selain sebagai panitia, pelibatan mahasiswa memiliki tujuan khusus yakni tercapainya IKU (Indikator Kinerja Utama) yaitu kampus termasuk dalam hal ini para mahasiswa dapat membantu proses Knowledge Transfer (Transfer Pengetahuan) kepada masyarakat, juga agar para mahasiswa mengetahui bentuk-bentuk implementasi keilmuan Agama Islam, Teknik Industri, dan Akuntansi.


Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Ahad, 25 Juni 2023 dan bertempat di Kampus Unidar Ambon, Kelurahan Batu Merah, Kota Ambon, para peserta mendapatkan penyuluhan mengenai Pengelolaan Qurban, Pengelolaan Usaha Rumahan/Usaha Kecil, dan Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Usaha Rumahan dan Rumah Tangga. 


Sebagai hasil dari kegiatan ini, selain terlaksananya kegiatan PENGMAS, para peserta yang kebanyakan adalah ibu-ibu mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan yang dapat diterapkan pada kegiatan usaha dan kerumahtanggaan mereka. Diharapkan agar kegiatan ini nantinya akan dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas sehingga kemanfaatan dari PENGMAS oleh dosen dapat lebih optimal.





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengabdian pada Masyarakat oleh Dosen, 2023 (1)

Book Chapter: 3rd Offering and Outlining